Kamis, 26 Mei 2011

Tugas 2 "Teori organisasi umum 2"


1. Coba anda ukur tentang konsep diri anda !
konsep diri adalah kesadaran akan pandangan, pendapat, penilaian dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri yang meliputi fisik, diri pribadi, diri keluarga, diri sosial dan juga etik.
Terbuka 10 -10 tertutup
Menurut saya, saya orangnya cukup terbuka , tapi terbuka kepada teman dekat saja . Dan kadang saya orangnya cepat bosan dengan suasana yang sama.
2. Coba anda tanyakan kepada teman anda tentang konsep diri anda !
·        Teman A berkata :  saya orangnya terbuka, baik, cuma sedikit sensitif katanya. Kadang saya gampang badmod,  katanya saya orangnya  bisa ngertiin teman.
·        Teman b berkata : saya orangnya menyenangkan, tidak gampang marah,namun cukup tertutup , selalu bias buat teman saya ini tersenyum.
3. Apa yang di maksud dengan motivasi ?
Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
4. Dalam kepemimpinan , ada sifat demokratis dan otokratis, coba jelaskan !
§         Demokratis berasal dari kata demos = rakyat dan kratos “pemerintahan oleh rakyat”, yaitu usaha dan tanggungjawab bersama oleh semua anggota kelompok. Kepemimpinan demokratis inilah yang dijadikan ukuran dalam kepemimpinan pendidikan dalam administrasi.
Pemimpin demokratis menganggap dirinya sebagai bagian dari kelompoknya, yang bersama-sama dengan kelompoknya berusaha dan bertanggungjawab tentang tercapainya tujuan bersama. Agar setiap anggota merasa turut bertanggungjawab, maka semua anggota diajak ikut serta dalm tiap kegiatan: dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaiannya. Setiap anggota dianggap sebagai sumber potensi yang berharga dan mempunyai peranan dalam usaha pencapaian tujuan.
§         Pemimpin otokratis menggagap bahwa ialah yang bertanggungjawab sepenuhnya dan yang dapat menentukan maju-mundurnya sekolah yang dipimpinnya. Ia selalu khawatir kalau-kalau sesuatu tidak berjalan menurut yang ia harapkan. Ia menghendaki agar segala sesuatu berjalan sesuai dengan yang ia telah tentukan.
5. Apa yang di maksud dengan teori X dan teori Y, bagaimana dalam kepemimpinan ?
o       Teori X : pemimpin ini sangat memiliki hubungan yang baik dengan anggotanya, tugas yang didelegasikan pada anggota sangat terstruktur dengan baik, dan memiliki posisi yang tinggi dengan otoritas yang tinggi juga. Pada keadaan ini, grup sangat termotivasi melakukan tugasnya dan bersedia melakukan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.
o       Teori Y : pemimpin ini tidak memiliki hubungan yang baik dengan anggotanya, tugas yang diberikan tidak jelas, dan memiliki posisi dan otoritas yang rendah. Dalam kondisi semacam ini, pemimpin mempunyai kemungkinan untuk mengambil alih tanggung jawab dalam mengambil keputusan, dan mengarahkan anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar