Pengertian manajemen personalia
Manajemen personalia adalah : "Suatu ilmu seni untuk melaksanakan antara lain planning, controlling, sehingga efektivitas dan efesiensi personalia dapat di tingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan.
Perkembangan managemen personalia- Managemen sebagai kegiatan
- Ilmu
- Manusia
- Uang
- Mesin
- Metode
- Material
- Market
- Memerlukan informasi secara reguler
- Menganalisa permintaan dan penawaran tenaga kerja masa dini dan masa yang akan datang serta mencari keseimbangan yang timbul
- Menggunakan hasil analisa untuk menyususn kebijakan di bidang ketenaga kerjaan
- Menyangjut pengembangan dan pemanfaatan SDM tingkat nasional, sektoral, wilayah dan menurut jenis jabatan
- Melakukan monotoring terus-menerus terhadap kebijakan yang di lakukan
- Mengintegrasikan pengadaan tenaga kerja terhadap kebijakan pembangunan.
Hal-hal yang di bahas di dalam ketenaga kerja:
- langkah-langkah perencanaan
- peramalan dan audit SDM
- analisis jabatan
- reguitment (penarikan)
· langkah-langkah perencanaan
1. perencanaan kebutuhan untuk waktu yang akan datang.
- perencanaan keseimbangan untuk waktu yang akan datang .
- perencanaan untuk mengrekkrut, menyeleksi dan memberhentikan
- perencanaan untuk pengembangan
· langkah dan audit SDM
Peramalan berusaha mengetahui kebutuhan tenaga kerja, organisasi yang menyangkut tenaga kerja dan syart-syart perorangan. Analisa jabatan berhubungan dengan jabatan dan syarat-syarat mengenai orangnya untuk melakukan jabatan itu sebaik-baiknya.
Analisis pemegang jabatan (worker analisis) adalah :Suatu istilah dengan analisis jabatan.
Analisis pemegang jabatan
- Menitik beratkan studi jabatan dalam hubungannya dengan pemegang jabatan.
- Menitik beratkan pada syarat-syarat 0pegawaqi dengan menggunakan ujian badaniah, wawancara dan sebagainya.
Analisis pemegang jabatan merupakan suatu teknik yang di gunakan sebagai dasar penempatan.
Laporan analisis jabatan adalah : Suatu iktisitar informasi yang di peroleh dalam proses analisis jabatan. Pada umumnya laporan analisis jabatan itu mencatat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tercantum dalam daftar pertanyaan jabatan. Analisis jabatan menghasilkan gambaran jabatan (Job Discription) dan persyaratan jabatan (Job Spesification).
Gambaran Jabatan : Suatu informasi yang abstrak yang di peroleh dari laporan analisis jabatan.Job unit discription menggambarkan
- Apa yang di lakukan
- Tanggung jawab
- Kecakapan atau pelatihan dan pendidikan yang di perlukan
- Kondisi di bawah mana jabatan itu di lakukan
- Jenis atau kualitas orang yang di perlukan untuk jabatan tersebut.
sumber : http://fitriyantisumut.tripod.com/karya.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar