Sabtu, 13 Oktober 2012

Tugas Konsep Sistem Informasi Lanjut :-)

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT :

Diskusi :


  1. Untuk  produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokak dan juga kebeberapa negara tetangga,  perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut disebuah supermarket ?
  2. Gambarkan supply chain management dari produk ini !

    Penjelasan : 
              Dalam pemasaran produk biscuit kaleng dapat di pasarkan pada pasaran lokal maupun ke Negara tetangga (international). Mungkin saya namakan perusahaan PT. biscuit xyz. Dalam proses pemasaran ini terdapat kerjasama antar produk PT. biscuit xyz dengan atau pemasok bahan baku.
Managemen rantai pasok atau supply chain management ini bisa juga berarti seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir ke konsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan biscuit ini bisa berupa : tepung terigu, minyak nabati, keju, gula, garam, kedelai, susu, telur, sedangkan bahan pelengkapanya yaitu kaleng dan plastik.
Pemasok bahan mentah seperti gandum, tebu, air kelapa, lemak nabati, susu sapi, alumunium, limbah plastik di olah oleh masing-masing pabrik menjadi bahan baku jadi. Penghasil kedelai dan garam mensuply kepada distributor, yang disebut dengan distributor kedelai dan distributor garam. Peternak ayam akan mensuply telur melalui distributor, yang disebut dengan distributor telur.
Bahan baku jadi yang telah diproses oleh pabrik dan distributor akan di supply kepada PT. Biskuit xyz. Komposisi dari biskuit ini adalah tepung terigu, gula, garam, susu, keju, telur, soda kue, minyak nabati, dan kedelai. Lalu bahan jadi tersebut diolah menjadi biskuit. Biskuit dikemas oleh plastik, trakhir dibungkus dalam kemasan kaleng. Biskuit yang telah jadi siap di kirim kepada distributor lokal dan distributor internasional. Distributor lokal menyalurkan biskuit ke supermarket, grosir, pasar tradisional, dan pedagang eceran. Distributor internasional menyalurkan biskuit ke supermarket (luar negeri). Lalu produk yang telah disalurkan oleh distributor bisa di nikmati (konsumsi) oleh konsumen di supermarket dan lain-lain. Dengan adanya proses pembuatan biscuit ini , akan dirangkum dalam alur gambar dengan supply chain management, berikut gambarnya :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar